Hal yang Harus Dilakukan dan Dihindari Ketika Menyusun Skripsi


Halo sob, kali ini saya akan membahas "Hal yang Harus Dilakukan dan Dijauhi Ketika Menyusun Skripsi".
Postingan kali ini terinspirasi dari pengalaman saya sendiri ketika membuat Tugas Akhir  dalam menempuh Diploma 3. Jujur aja ketika saya D3 butuh 4 tahun untuk dapetin Ijazah. Hal tersebut terjadi karena memang banyak kesalahan dari saya sendiri, sehingga molor 1 tahun untuk lulus.

Nah mungkin dengan pengalaman saya selama menyusun TA bisa membantu sobat yang sedang/akan menyusun Skripsi/TA. Harapan saya sih biar ga ada yang mengalami apa yang saya alami, jadi bisa lulus tepat waktu dan bisa membuat bangga keluarga. Dan tidak seperti saya :(

Banyak mahasiswa yang merasa takut karena skripsi, atau mungkin cuma sedikit hehe. Kebanyakan orang takut karena sering denger cerita kalo Skripsi itu ribet, bikin capek, dosen galak, revisi terus, dll. Saya sendiri ketika menyusun TA ga pernah ngerasa hal itu, bahkan karena tidak merasa hal itu saya malah jadi menggampangkan (bahasa lainnya "MALAS")

Tapi kali ini saya bakal ngasih tau apa saja "Hal yang Harus Dilakukan dan Dijauhi Ketika Menyusun Skripsi". Dan saya sendiri akan menjelaskan sesuai dengan pemikiran saya dan tingkah laku saya ketika menyusun TA. Jadi Insha Allah postingan kali ini bisa memberi sedikit wawasan agar kalian bisa lebih siap menghadapi lika liku ketika menyusun Skripsi.

Hal yang harus di lakukan

  1. Doa
    Pertama itu Doa. Sebagai umat beragama kita harus berdoa agar kita diberi kemudahan dalam menyusun skripsi kita. Karena godaan ketika membuat skripsi itu ada banyak, dengan rajin berdoa (ibadah juga termasuk), hati kita akan lebih tenang dalam menyusun skripsi. Dan jangan lupa juga minta doa restu ke keluarga kita, karena dukungan keluarga itu penting banget agar kita bisa fokus dan semangat.

    Saya sendiri ketika menyusun TA selalu minta doa ke orang tua. Mau ketemu dosen minta doakan, mau nyari bahan atau mengerjakan revisi pun saya minta doa agar diberi kemudahan ketika mengerjakannya. Dan yang pasti dengan minta doa ke orang tua, mereka tau kalau kita benar-benar berjuang menyelesaikan studi kita, jadi orang tua pun tidak khawatir sama kita.
  2. Rajin
    Rajin sudah pasti dong. Yang namanya skripsi itu butuh ketekunan yang tinggi. Pokoknya jauhi deh sama yang hal2 yang bikin kita merasa malas. 1 jam itu berharga banget sob, 1 menit pun sangat berharga. Karena waktu itu tidak bisa mundur, waktu akan terus maju, tidak peduli kita siap atau tidak.

    Saya sendiri menyesal karena sempat bermalas-malasan. Tapi mau gimana lagi, waktu terus maju, jadi mau tidak mau saya harus terus maju. "Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, tetapi Lebih baik tepat waktu daripada terlambat."
  3. Semangat
    Jangan pernah patah semangat ketika menyusun Skripsi. Revisi itu sudah pasti bakalan kita rasakan. Ga mungkin kita bikin skripsi kalo ga direvisi, karena tugas pembimbing skripsi itu untuk membantu kita membuat skripsi sebaik mungkin. Jadi kalau ada revisi jangan berfikir kalo dosen tidak mau kita lulus, revisi itu menandakan dosen pembimbing kita ingin kita lulus dengan hasil yang maksimal dan memuaskan.

    Bagaimana dengan saya? Saya sih sempet ngerasain patah semangat karena ada aja cobaan ketika TA, ketika keluarga menanyakan kapan lulus saya juga malah sempet jadi minder dan malu. Bahkan pernah terbesit pikiran kalau saya mau berhenti, tapi saya mikir lagi. Sudah hampir selesai malah berhenti, pasti keluarga saya akan malu, dan yang pasti mereka bakalan sedih kalo saya menyerah. Jadi saya mulai lagi dari awal, saya buang semua hal yang udah bikin saya terlambat, dan saya mulai lagi mencari serpihan semangat saya yang sempat hancur (bahasanya ceilah >.< )
  4. Sabar
    Semangat, Sabar, mungkin mirip. Tapi yang saya maksud sabar itu bukan hanya ketika revisi. Yang namanya dosen pembimbing itu pasti sifat nya berbeda-beda. Namanya manusia, gak mungkin sama dong sifatnya. Nah kalau kalian di omelin, dimarahin, dimaki sama dosen pembimbing. Please sob, jangan TAKUT. Saya ngerasain sendiri kok di marahin dosen didepan mahasiswa dan dosen lain. Sumpah sob, rasanya itu kepala kaya mau pecah, pikiran itu rasanya udah mau ngamuk-ngamuk disana. Tapi sabar aja sob, sabar itu bener-bener obat manjur deh kalo kita sedang ditabrak sama masalah.

    Pengalaman saya waktu itu bisa dibilang memalukan banget. Niat mau bimbingan sama dosen, eh malah dibentak, dihina didepan mahasiswa tingkat bawah, dan didepan dosen yang bisa dibilang akrab sama saya. Jujur dah, itu pas di omelin kalo bukan bulan puasa bisa adu mulut sama saya. Untungnya saya sabar, jadi masalah pun tidak semakin melebar.
  5. Kuat
    Kuat ngangkat besi? Bukan!
    Kuat yang saya maksud ini kuat nungguin dosen yang sering pergi keluar. Dateng pagi tapi dosen ga dateng-dateng sampe siang? Tungguin aja terus depan ruangan dia. Kalo perlu tungguin aja di parkiran, biar ga kecolongan sama mahasiswa lain. Cuaca panas? Hujan? Hajar aja sob. Ingat sob, mendingan kita susah duluan tapi skripsi kelar daripada kita enak2an tapi skripsi ga selesai.

    Saya sendiri kalo kuliah harus 2x naik angkutan, Metro mini dan Mikrolet. Bayangin aja berdesak-desakan dalam metro mini, macet, belom lagi nungguin angkutannya yang lama. Motor? Saya ga ada, Ojek online? Eman sama duit bulanan yang pas-pas an. Saya aja jarang jajan di kampus karna takut kekurangan uang di akhir bulan. Pokoknya apapun yang terjadi, harus kuat, jangan ngeluh!
  6. Pintar Bagi Waktu
    Nah ini nih penyebab saya telat lulus. Bagi waktu itu penting banget. Bikin Jadwal kegiatan kamu, tapi jangan bikin jadwal yang terlalu longgar. Bab 1 kamu bikin jadwal 2 minggu? Ngapain lama kaya gitu, usahakan 1 minggu selesai. Punya hobi tolong dihentikan sejenak, kalo ga bisa ya minimal dikurangi.

    Dan yang terpenting, kalo sudah bikin jadwal kegiatan. JALANKAN! jangan cuma bikin jadwal tapi ga dilakukan. Percuma sob, dijamin telat nanti. Kalo udah telat yang ada cuma penyesalan.
  7. Percaya Diri
    Kamu mahasiswa tua? Ditinggal wisuda teman? Jangan malu. Pede aja kali sob. Yang penting kita mau berubah. Banyak kok mahasiswa yang ketinggalan wisuda atau telat. jadi ga usah minder, tapi itu bukan alasan kalo kamu boleh santai-santai. Nanti karna saya bilang banyak yang telat kamu malah jadi males dan ikut2an telat. Saya timpuk juga nanti kalo gitu :P

    Teman saya pernah berkata "Namanya manusia, Pasti punya kesalahan". Dia bener kok, jadi kalo kita pernah salah ya sudah. Yang penting kita mau berubah dan ga melakukan kesalahan yang sama. Saya sendiri D3 semester 8 mondar mandir di kampus. Selow aja keles, toh kita ke kampus ingin menyelesaikan studi kita. Pokoknya tetap percaya diri sob. Oke!

 Nah sekarang saya mau bahas hal-hal yang harus kalian hindari ketika skripsi. Karna hal ini saya jadi telat lulus. Jadi saya harap ga ada yang ngalamin seperti saya.

Hal yang harus dihindari

  1. Terlalu banyak membuang waktu
    Tau gak penyebab utama saya telat lulus? Main Game Online. Asik banget loh maen game itu, dunia fantasi yang selalu memanjakan saya, teman game yang selalu bercanda dan main bareng sama saya bikin saya lupa sama kewajiban saya sebagai mahasiswa. Yang salah sapa? Yang bikin game? temen game? bukan. Saya yang salah, saya terlalu menikmati game tersebut sampai saya melupakan kewajiban saya sendiri. Ketika udah telat, ya cuma sisa penyesalan aja sob.

    Hobi memang mengasikkan, tapi kalau kita ga bijak, yang ada kita malah mengorbankan hal yang penting. Pokoknya kapok banget dah sama kejadian waktu itu, kalo saya inget itu rasanya bikin saya mau nangis. Serius ga bohong, karena kejadian itu sampai sekarang penyesalannya itu berasa banget, kalo ada doraemon, pengen rasanya pinjem mesin waktu, terus pergi memarahi diri sendiri yang terlalu asik sama hobi maen game online. :(
  2. Terlalu sering berfikiran tentang hal negatif dan menghindari masalah
    Saya ada masalah sama dosen, dan saya selalu berfikiran negatif, abis itu saya malah menghindari masalah tersebut, makin lama makin banyak masalah yang saya punya. Karena sudah banyak, saya pun bingung bagaimana menyelesaikan semua masalah tersebut. Ibarat benang kusut, ketika yang kusut masih sedikit masih gampang dibenerin, tapi kalo kusutnya sudah banyak bakalan susah untuk diperbaiki.

    Jadi kalo ada masalah, please selesaikan saat itu juga, ga usah mikir macem-macem. Karena semakin kamu hindarin masalah tersebut, bukannya akan hilang, tapi malah akan semakin runyam masalah itu. Saya ngerasain sendiri kok, ketika ada masalah saya hindarin, makin lama makin banyak yang saya hindarin. Ketika sudah banyak saya baru tuh kebingungan bagaimana cara mecahin masalah tersebut.
  3. Takut ketemu dosen
    Udah saya ceritain kan ketika saya dimarahin dosen? Hadapin aja sob, jangan takut. Pokoknya ketika nyusun skripsi dan ada masalah sama dosen, hadapin saja. Apa yang perlu ditakutkan dari dosen? toh mereka marah demi kebaikan kita sendiri kok.

    Jangan pernah denger omongan orang lain kalo Dosen A itu begini, Dosen B begitu. Jalanain aja, temuin langsung, ga perlu takut. Dimarahin ya dengarkan, kalo bisa diperbaiki kesalahan kita jadi sang dosen tau kalau kita memang serius dengan skripsi kita.
  4. Menyepelekan hal kecil dan Terlalu banyak Alasan
    Ini nih, anaknya dari sifat malas. Menyepelekan hal hal kecil. Tau gak apa yang saya pikirkan ketika saya asik bermain game? Ah masih ada besok, Ah gampang bab 1 doang, ah tanggung bentar lagi selesai kok skripsi nya.

    Gak banyak yang bisa saya jelasin dari point ini. Saya quote aja apa kata Paman saya.
    "Orang malas punya jutaan alasan untuk menghindari kewajibannya, sedangkan orang rajin hanya memiliki 1 alasan untuk mencapai tujuannya". Jujur ketika om saya bilang gitu saya langsung terdiam dan merasa malu sama sifat saya yang kekanak kanakan :)

Mungkin itu aja apa yang ingin saya share ke kalian semua sob. Semoga postingan saya ini bisa  bermanfaat untuk kalian. Dan semoga saya juga bisa menjadi pribadi yang lebih baik dibandingkan dengan yang dulu. Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan saya yang . . . . . .
Sukses untuk para mahasiswa yang sedang berjuang menyelesaikan studinya :D

Sampai ketemu di postingan selanjutnya sob :D

2 Responses to "Hal yang Harus Dilakukan dan Dihindari Ketika Menyusun Skripsi"

  1. makasih min udah share pengalamannya, sekarang lebih tau apa yang harus di lakukan buat persiapan skripsi

    ReplyDelete