Minecraft Guide: Cobblestone Generator


Halo sobat, Selamat datang di Shooda Blog. Kali ini saya ingin membuat postingan tentang "Minecraft Guide: Cobblestone Generator".

Di game survival sebenarnya sangat mudah mencari cobblestone, tetapi dengan syarat kita harus sering Mining. Dan seperti sobat ketahui, semakin dalam mining terkadang membuat kita membuang banyak waktu untuk naik dan turun.

Oleh karena itu, untuk menghemat waktu dan juga memaksimalkan permainan saya membuat Cobblestone Generator. Dengan Cobblestone Generator kita bisa mendapatkan Cobblestone dipermukaan tanpa harus menggali ke bawah, jadi sobat bisa melakukan hal lain diatas seperti mengurus Tanaman dan Ternak.

Sebelum sobat mulai membuat Cobblestone Generator, alangkah baiknya kalau sobat sudah mengerti penggunaan dasar Redstone dan mekanisme alat di Minecraft.

Karena didalam Guide Cobblestone Generator sobat akan menggunakan redstone dan juga 2 mekanisme yang berhubungan dengan Redstone, yaitu Redstone Repeater dan Piston.

Jika sobat masih belum mengerti penggunaan dasar Redstone, sobat bisa klik disini "Minecraft Guide: Penggunaan Dasar Redstone".

Oke, sekarang saya akan menganggap kalau sobat sudah mengerti mekanisme Redstone, jadi kita langsung saja masuk ke pembahasan "Minecraft Guide: Cobblestone Generator".

Bahan yang dibutuhkan

Pertama saya akan membahas apa saja yang diperlukan untuk membuat Cobblestone Generator. Untuk alatnya kita membutuhkan 2 mekanisme redstone (1 buah piston dan 4 buah redstone repeater), dan 1 buah ember.

Sebelum melanjutkan, sekarang saya ingin bahas cara membuatnya dan juga melakukan sedikit perhitungan untuk mengetahui apa saja bahan dan berapa yang akan digunakan.

Untuk Redstone repeater kita membutuhkan (3 stone, 2 Redstone Torch, 1 Redstone), untuk redstone torch cara membuatnya sama seperti membuat obor hanya saja kita ganti coal dengan redstone.


Untuk Piston kita membutuhkan (3 Papan, 4 Cobblestone, 1 iron, 1 redstone), karena kita butuh sticky piston kita harus membuatnya dengan cara craft piston yang sudah jadi dengan Slime.



Untuk ember kita hanya perlu 3 buah besi.


Pembuatan Mekanisme Piston

Masuk ke pembangunan alias pembuatan Mekanisme ya sob. Pertama yang perlu kita buat yaitu semacam pemicu redstone yang on/off secara terus menerus. Caranya mudah, sobat pasang sesuai dengan gambar dibawah ini ya.

Sekarang perhatikan baik baik penjelasan saya, klik kanan semua Redstone Repeater 1x kalau mau lebih lambat sobat bisa klik kanan lagi ke salah satu Redstone Repeater, tapi jangan terlalu banyak delaynya karena kalau terlalu lambat bisa membuat Generatornya gagal.

Setelah dipasang dan diberikan delay, waktunya menyalakannya. Disini sobat harus cepat karena kita butuh pemicu saja agar bisa berhasil on/off otomatisnya. Sekarang sobat pasang Redstone Torch seperti digambar lalu setelah dipasang langsung sobat hancurkan Torch nya. Dijamin Redstone akan terus berputar secara otomatis.


Oke karena pemicu sudah aktif sekarang sobat pasang Sticky Piston, usahakan arah Sticky Piston terbebas dari benda lain agar tidak tersangkut hasilnya. Kalau sudah dipasang berarti kita bisa masuk ke langkah berikutnya, yaitu peletakan blok sebagai cover.

Pembuatan Cover dan Finishing


Oke kita masuk ke layout untuk cover nya yah. Sekarang kalian perhatikan gambar dibawah. Kalian rubah block kuning itu pake blok lain, bebas tapi biar kelihatan bagus bisa pake Brick / Nether Brick.

Setelah bagian dasar selesai, tambahin lagi blok nya sesuai dengan gambar blok Emerald 2 susun ke atas. Nah sekarang kalian perhatikan gambarnya, disitu ada blok merah dan diamond, nanti ditahap akhir kalian ganti blok merah dengan lava, dan blok diamond dengan air.


Sebelum kalian taruh lava, tutup dulu bagian depannya tapi paling bawah biarkan bolong, karena disitu tempat keluar Batu nya. Jadi maksud saya pasang cover nya dulu, baru deh kalian pasang lava dan air nya.

Kalo selesai hasilnya seperti gambar dibawah ini, dan nanti batu akan keluar terus menerus, jadi kalian ga perlu pergi jauh untuk dapetin cobble stone.


Oke sobat, itu dia cara membuat Cobblestone Generator. Jika kalian memiliki pertanyaan di tulisan "Minecraft Guide: Cobblestone Generator" kalian bisa langsung bertanya melalui komentar.

Terima kasih sudah berkunjung ke ShoodA Blog, sampai ketemu dipostingan berikutnya.

0 Response to "Minecraft Guide: Cobblestone Generator"

Post a Comment